Akhir Pekan Cerdas dengan Outing Class

oleh Hadikasjaya Daeng Saktiyala

Akhir pekan cerdas, kata ini sedikit banyak bisa mewakili kegiatan Outing Class (OC) yang sering kami lakukan di bebarapa tempat berbeda. Bagaimana tidak kegiatan yang berlangsung di akhir pekan ini mengajarkan banyak nilai bagi peserta OC dan team.

 

Peserta Outing Class Rumah Hijau Denassa (RHD) kerjasama Ponpes Darussalam Tompobalang, Manuju, Gowa foto bersama di sawah depan Ponpes. (Foto: Imran Sentosa)

Peserta Outing Class Rumah Hijau Denassa (RHD) kerjasama Ponpes Darussalam Tompobalang, Manuju, Gowa foto bersama di sawah depan Ponpes. (Foto: Imran Sentosa)

Belajar tentang tanaman dan penjelasan tentang sosio-kulturalnya tentu akan memberikan nilai pengetahuan baru .Peserta diharuskan antri, memungut sampah plastik di sekitar daerah jelajah, dan peduli terhadap lingkungan merupakan bagian dari penguatan nilai emosional peserta OC, tak lupa kegiatan berdoa bersama sebelum dan setelah kegiatan semakin menguatkan nilai spritual diantara peserta. Terlebih lagi kegiatan OC sesi #4 kali ini dilaksanakan melibatkan Pondok Pesantren Darussalam Tompobalang, desa Manuju, kecamatan Manuju, kabupaten Gowa, Sulawesi-Selatan.

OC di Tompobalang berlangsung dari 14 hingga 15 Juni 2014, ini merupakan kali ke empat yang kami lakukan bersama RHD team, sebelumnya OC dilaksanakan di SD Sailong, Pattiro kampung di kaki Gunung Bawakaraeng dan dua pekan lalu di Kacibo kabupaten Bulukumba.

Seperti halnya di tempat lain, OC di Manuju khususnya di daerah sekitar Pesantren Darussalam yang dibina Hardiyansah Daeng Tawang juga memberi pengalaman jelajah yang indah dan menarik. Beberapa tanaman langkah, sawah, sungai, bukit, dan air terjung Tassi’bung kita temui dalam kegiatan ini. Berbagai jenis tanaman dan tempat-tempat tersebut menjadi media belajar dan ajar yang menyenangkan.

“Semoga adik-adik santri di Ponpes Darussalam senang belajar dan bermain bersama kami, semoga adik kita Dani yang lagi sakit lekas sembuh, dan pada akhirnya kami akan terus mendorong hal baik, termasuk pengembangan Pesantren Darussalam” ujar Darmawan Denassa owner Rumah Hijau Denassa.

Sampai jumpa dilain waktu, salam saya buat teman-teman yang telah terlibat kegiatan ini antara lain Kak Imran Sentosa dari Sokola Makassar, semoga dilain waktu bisa ajak saya jalan-jalan atau terlibat dikegiatan Sokola termasuk di kampung saya Kajang. Salam juga buat Kak Yanthy dan Adek Ulfa semoga bisa berkegiatan bersama lagi, tak lupa buat  Muh. Ardialim DM.

DS,  14-15 Juni 2014.

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*