Karet

KARET koleksi baru Rumah Hijau Denassa (RHD) sumbangan warga Bulukumba

KARET koleksi baru Rumah Hijau Denassa (RHD) sumbangan warga Bulukumba

RHD. Kami mendapat beberapa tanaman baru untuk  koleksi di Rumah Hijau Denassa (RHD), selain  melengkapi koleksi terdapat pula  tanaman baru yang sangat langka.
Buah Naga, Bungur, Kelapa Sawit, Salam, Karet, Rao,  Lada, Kolasa, Markisa merupakan beberapa koleksi tambahan. Koleksi tambahan adalah penambahan tanaman yang telah ada. Selain itu beberapa tanaman merupakan penggantian tanaman karena koleksi sebelumnya mati. Tantangan terbesar di RHD yakni berhimpitnya tanaman dan kemarau.

Beberapa tanaman baru antara lain Boddi dan Katangka, keduanya merupakan tanaman langka. Bahkan pohon Katangka merupakan tanaman sangat langka.

Bibit Karet dari Bulukumba.
Foto: Koleksi RHD

Selain kedua kategori terdapat pula penambahan koleksi hasil pengembangan tanaman lama seperti Baji ban Jeruk Purut.
Kami berharap dengan kedatangan koleksi-koleksi ini selain melengkapi konservasi tanaman di RHD, juga mendorong pengelolaan lebih baik untuk menjawab tantangan yang senantiasa datang.
Kendala kekeringan di musim kemarau merupakan tantangan terbesar. Semoga bisa segera ditemukan solusi yang aplikatif dan sungguh-sungguh bisa membantu. (*)


Penjelasan foto:


Foto pertama adalah gambar sebatang bibit karet yang dibawa dari Cileungsih Bogor oleh Darmawan Denassa, sayang mati karena kekeringan tahun 2011.
Foto kedua beberapa batang pohon karet dari Bulukumba sumbangan Eka Istikamah.



There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*