Lada Katokkon

RHD. Lada katokkon (Capsicum annuum L. var. sinensis) merupakan cabai, cabe, lombok khas Tana Toraja (Tator) di Sulawesi-Selatan (Sulsel) dan banyak ditemukan di Mamasa, Sulawesi-Barat (Sulbar). Lada merupakan nama lokal Toraja dan Makassar untuk Cabe. Katokkon mempunyai  aroma wangi khas dan menggugah selera, rasanya lebih pedis dari jenis cabe lain yang tumbuh di Sulsel dan Sulbar.

Awal tahun 2013 Rumah Hijau Denassa (RHD) mulai menanam Lada Katokkong, sekanton buah Katokkon telah ranum diperoleh dari sumbangan salah seorang guru di Yayasan Bakti Mulia Makassar. Pada pertengahan tahun 2013 Darmawan Denassa membawa bibit Katokkon dari Desa Kelapa Tiga di Polewali Mandar yang berbatasan langsung dengan kabupaten Mamasa. Tahun 2014 Denassa kembali membawa benih lada ini yang dibeli di pasar Balu Rantepao, Toraja Utara.

Setelah disemai selama dua bulan, benih pertama kemudian dipindahkan ke areal kebun sejak Juni 2013, Mei 2015 silam mulai berbuah dengan sangat lebat. Kini Katokkon koleksi RHD sedang berbunga kembali. (*)

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*