Lingkar Baca Diikuti Tiga Daerah

RHD. Lingkar Baca untuk pertama kali berlangsung di Rumah Hijau Denassa (RHD) sekretariat Kampung Literasi (KL) Borongtala, pada 15 Juni 2017. Kegiatan ini diikuti puluhan anggota dan pengurus Forum Anak dari Kabupaten Gowa, Kota Makassar, dan Kabupaten Maros. Kegiatan dimulai dengan breafing bersama di Bimbi Room RHD siang hari. Sekitar pukul 16.00 para peserta menuju Pelataran Mappasomba, duduk melingkar setelah memilih satu buku yang diminati dari koleksi Perpustakaan dan Taman baca (TBM) Denassa yang disiapkan pelaksana.

RHD. Suasana Lingkar Baca di Kampung Literasi Borongtala (15.06.2017)

RHD. Suasana Lingkar Baca di Kampung Literasi Borongtala (15.06.2017)

Sebelum membaca, masing-masing peserta memperkenalkan diri, sebagian besar dari mereka baru pertama kali bertemu. Selain nama, asal daerah, pendidikan, menyebutkan buku favorit serta alasan menyukainya, merupakan bagian wajib dalam sesi ini. Peserta yang semua berusia SMP hingga  mahasiswa ini kemudian diberi waktu 60 menit membaca buku, lalu menceritakan iktisiar hasil bacaannya pada peserta yang lain. Kegiatan berlangsung hingga waktu berbuka tiba.

Setelah Shalat dan makan malam bersama, seluruh peserta diminta menulis dua paragraf, berisi kesan dan pengalamannya bisa berkunjung ke KL Borongtala dan mengikuti kegiatan. “Senang bisa sampai disini, tempatnya menyenangkan, asri sekali, macet yang saya lalui dari jalur Maros-Makassar sirna setelah sampai disini” kata Ainun Mardiyah siswa SMPN 1 Maros.

Peserta juga ikut dalam permainan yang semakin mengakrabkan suasana. Kegiatan lingkar baca berakhir menjelang Isya. “Kami sangat berminat ikut kegiatan disini jika diudang lagi” kata Fadly Ridwan ketua Forum Anak Makassar (FAM).

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*