Mengenal Sampah

RHD. Sampah merupakan barang yang sudah tidak terpakai dan dibuang oleh pemilik atau pemakainya. Sampah dapat dibagi dalam beberapa kategori antara lain sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah Organik

Sampah Organik adalah jenis sampah yang relatif cepat terurai dan umumnya bersumber dari mahluk hidup seperti tumbuhan dan binatang. Jenis sampah ini

bisa mengalami pelapukan (dekomposisi) dan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau. Proses pelapukan ini sering disebut dengan proses terjadinya kompos.

Contoh sampah organik adalah daun-daunan, buah-buahan, sayur-sayuran, jerami, alang-alang, rumput, sisa makanan, dan sejenisnya.

Sampah Anorganik

Sampah anorganik adalah jenis sampah yang tidak mudah membusuk, umunya berasal dari bahan yang telah diproduksi. Jnewis sampah ini akan megalami pelapukan dalam jangka waktu yang lama. Contoh jenis sampah ini plastik berbagai jenis, gabus (sterofom), botol berbagai jenis, kaleng, dan sebagainya.

Meskipun sulit di urai sampah jenis ini dapat dijadikan sebagai sampah komersil (dijual kembali) baik dalam bentuk utuh maupun setelah diolah menjadi produk baru. (RHD)

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*