Pembenahan Kebun

RHD. Kebun di Rumah Hijau Denassa (RHD) telah dikelola sejak tahun 2008 silam. Areal yang memanfaatkan bekas galian batu bata ini memiliki luas 40×20 meter persegi terdiri atas kebun, nursery, dan kolam.

Periode pertama tahun 2014 yang dimulai April hingga Juli 2014,  telah ditanam beraneka sayur seperti kacang merah, kacang putih, kacang panjang, paria belut, paria pahit, ubi kayu, ubi jalar, bayam, kakung darat dan air, talas, cabai, okra, putri malu, bengkoang, kecami, dan timun.

RHD. Pembenahan kebun periode dua 2014 (Foto: Denassa).

RHD. Pembenahan kebun periode dua 2014 (Foto: Denassa).

Untuk periode kedua pertengahan Juli – September dilaksanakan pembenahan dengan memperbaiki tata lahan. Dalam proses ini berbagai jenis sayur tetap ditanam. Proses ini dilaksanakan untuk meningkatkan kondisi lahan dan susunan lahan agar lebih baik. Pemberian pupuk organik berbahan rumen sapi, sekam, dan dedaunan yang telah hancur dilaksanakan untuk menambah unsur hara tanah. Menyusun areal dalam bentuk sengkedang dilaksanakan untuk mendukung susunan tanah dan pengelompokan tanaman. Untuk menjaga susunan lahan dipasang bambu sebagai penahan tanah. (*)

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*