Wangi Bunga Rita

RHD. Rita (Alstonia scholaris) salah satu koleksi tumbuhan jenis kayu-kayuan di Rumah Hijau Denassa (RHD). Rita dikenal pula dengan nama Pulai, tumbuh didataran hingga ketinggian 900 meter dari permukaan laut. Tumbuh tegak lurus dengan rimbun dahan yang merimpang kesemua arah.  Selain berkembang biak dengan biji Rita, kami punya pengalaman tanaman ini  dapat tumbuh dengan menanam dahannya. Sangat cocok untuk penghijauan karena pertumbuhannya cukup cepat.

Pohon Rita (Alstonia scholaris) koleksi  Rumah Hijau Denassa (RHD) sedang berbuah.

Pohon Rita (Alstonia scholaris) koleksi Rumah Hijau Denassa (RHD) sedang berbuah.

Karena mudah tumbuh sejak beberapa tahun terakhir tumbuhan ini menjadi pilihan pohon pioner sebagai pelindung baik di taman maupun di perumahan yang baru dikembangkan. Hanya saja kayunya tidak begitu keras sehingga sejak dahulu di Makassar dan sekitarnya, kayu yang dihasilkan pohon Rita tidak lazim digunakan menjadi  bahan baku perkakas rumah secara langsung, kayunya cepat lapuk. Di Jawa Barat Pulai dikenal dengan nama Lame kayunya menjadi bahan baku utama membuat wayang golek. Rita dapat ditemuan di banyak daerah lain dengan nama lokal masing-masing.

Mengapa saya sampaikan Rita secara langsung tidak lazim dimanfaatkan sebagai perkakas rumah,  karena kayu Rita sesungguhnya diperdagangkan dan menjadi salah satu bahan baku membuat kayu lapis yang dikenal luas di Sulsel dengan sebutan tripleks. Kayu lapis dimanfaatkan warga sebagai bahan baku rumah dan perabot seperti platfon, dinding, lemari, meja, dan lainnya.

Rita menjadi bagian dari suku apocynaceae  punya banyak khasiat untuk kesehatan. Merupakan tumbuhan penghasil antibiotik untuk mengendalikan bakteri. Kandungan kimia yang terdapat dalam daun, kulit, kayu, dan akarnya sering dimanfaatkan sejak dahulu.  Daunnya mengandung zat pikrinin.  Kulitnya mengandung zat aktif triterpenoid  yang bermanfaat menurunkan kadar glukosa pada penderita diabetes.

Daun, tangkai daun, dan batangnya menghasilkan getah yang berkhasiat meredakan sakit gigi dan radang tenggorokan, ini manfaat paling lazim digunakan di Makassar. Namun sedikit yang tahu jika getahnya ketika diletakkan di atas bisul akan menstimulan borok itu segera matang dan lebih lekas mengeluarkan tinontong agar lekas kering dan sembuh.  Selain sakit gigi, radang tenggorokan, Rita berkhasiat menjadi penyembuh untuk penyakit tinggi darah (hipertensi), membersihkan rahim, rematik, diare, batuk, dan penambah nafsu makan.

Satu hal yang selalu saya tunggu dari Rita besar di halaman depan RHD.  Aroma bunganya yang semerbak ketika mekar.  Wangi khas yang hanya bisa ditemukan pada  devil’s tree nama asing Rita.  Wangi bunga Rita  yang penuh asam ursolat, lupeolasam ursolat, dan lupeol  akan memenuhi malam ketika mekar, tahun ini  aroma itu hadir di awal hingga pertengahan Bulan Ramadhan 1436 H bersamaan akhir Juni hingga awal Juli 2015. (Darmawan Denassa)

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*