Saramentu Berbuah Setelah Ditanam 10 Tahun

Buah Saramentu di RHD

Bunga Saramentu di Rumah Hijau Denassa (RHD) Foto: Oriza Satifa

RHD. Saramentu atau yang juga dikenal dengan sebutan Mentu, merupakan salah satu pohon semak berbuah khas Makassar. Tumbuhan ini menghasilkan buah sejati yang setiap satu tangkainya terdiri atas beberapa buah yang berbentuk bulat.

Ketika mengkal, buah mentu ini berwarna putih hingga memerah dan akan berubah warna menjadi merah tua atau hitam ketika telah ranum. Jika dicicipi, buah mentu memiliki kombinasi rasa sepak dan sedikit manis. Buah ini dapat dijadikan sebagai makanan ringan maupun pencuci mulut dengan cara dimakan secara langsung maupun dimakan dengan menambahkan garam.

Sejak Rumah Hijau Denassa (RHD) didirikan pada tahun 2007, mentu sudah menjadi salah satu koleksi kebanggaan.  Namun, selama hampir 10 tahun itu pohon semak ini belum pernah berbuah. Agustus 2016 ini, mentu akhirnya mulai memperlihatkan tanda-tanda akan berbuah, dengan terlihatnya malai bunga di dahannya. Kondisi tanaman dimusim kemarau yang cukup terik tahun ini tergolong baik. Kita tungggu bersama perkembangan tanaman semak berbuah ini■ (Oriza)

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*