Troides Helena di Rumah Hijau Denassa

RHD. Salah satu jenis kupu-kupu besar (common birdwing) yang dapat ditemukan di Rumah Hijau Denassa (RHD) yakni Troides helena. Kupu-kupu yang juga tergabung dalam jenis parantus ini memiliki ciri-ciri sayap bagian atas berwarna hitam, sedangkan bagian bawah berwarna kuning. Ruas dan tepi sayap berwarna hitam. Pola corak dan bentuk sayap sebelah kiri biasanya sama dengan sayap yang sebelah kanan. Badan hingga perut berwarna coklat muda, dada dan kepala berwarna hitam.

RHD. Troides helena di Rumah Hijau Denassa (RHD) Gowa, Sulsel

RHD. Troides helena di Rumah Hijau Denassa (RHD) Gowa, Sulsel

Betina helena memiliki ukuran sayap yang lebih besar dan kombinasi warna sayap yang berbeda dengan jantan. Warna dasar betina lebih banyak didominasi warna coklat gelap atau hitam. Selain itu, terdapat pola bintik-bintik hitam pada sayap bagian bawah.

Kupu-kupu jenis ini telah berada di RHD sejak 2011 silam, ketika itu baru teridentifikasi jenis jantan. Tahun 2017 ini sejak bulan Juli teridentifikasi sepasang Troides helena menetap lebih lama, jumlahnya bertambah pada akhir Agustus hingga awal September ini.

Keberadaan Troides helena di RHD karena ketersediaan pakan baik untuk ulat maupun kupu-kupu. Sirih hutan dan beberapa jenis tumbuhan lain sebagai pakan ulat jenis ini ternyata sudah kami selamatkan dan tanam di kawasan konservasiā–  Darmawan Denassa

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*