Kemah Literasi 2019 di Sawahku dan RHD

RHD. Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Sulawesi Selatan bekerjasama Direktorat Pembinaan Keaksaraan dan Kesetaraan, Kemdikbud melaksanakan Kemah Literasi 2019, di Sawahku dan Rumah HIjau Denassa (RHD). Kegiatan ini berlangsung tiga hari  pada 24-26 Desember 2019, diikuti 120-an pengelola TBM dan pegiat Komunitas di Sulsel.

RHD. Kemah Literasi Sulsel 2019 Dibuka Darmawan Denassa di Sawahku (24/12/2019)

RHD. Kemah Literasi Sulsel 2019 Dibuka Darmawan Denassa di Sawahku (24/12/2019)

Sawahku: wisata & literasi merupakan kawasan wisata yang telah dibuka luas sejak awal tahun 2019 ini, terletak di Bontoa, Kelurahan Bontonnompo, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulsel.  Berada di tengah sawah, dengan nuansa yang asri, tenang, dan suasana menjelang musim tanam gadu  menambah antusias peserta terlibat aktif dalam kegiatan ini.

“Kemah Literasi ini bertujuan sebagai wadah silaturahmi para pengelola TBM dan Komunitas yang berkontribusi pada gerakan literasi di Sulsel, untuk saling mengenal, mendukung, dan berkolaborasi” ungkap Darmawan Denassa, Ketua FTBM Sulsel saat membuka kegiatan.

“Sudah lama kita merencanakan pelaksanaan kegiatan ini. Alhamdulillah, akhir tahun ini terwujud” kata Khudri Syam Ketua Panitia. Kegiatan ini berlangsung atas dukungan , lanjutnya. Workshop Jurnalisme Warga, menulsi sastra, literasi keluarga, membuat bookbinding di TBM, media dan koleksi kretaif di TBM, green culture, pelaksanaan residensi Kemdikbud, peran kampus menjadi menumbuhkan semanagat literasi pada mahasiswa merupakan kegiatan workshop dan diskusi yang diikuti peserta.

RHD. Peserta Kemah Literasi di Rumah Hijau Denassa (RHD)

RHD. Peserta Kemah Literasi di Rumah Hijau Denassa (RHD)

Pada sesi mengenal jurnalisme warga, hadir News Managejer Tribun Timur, Jumadi Mappanganro sebagai narasumber, para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung hingga hampir dini hari.

Peserta juga dipandu menuliskan pengalaman mengikuti kegiatan selama tiga hari, hasilnya terkumpul lebih seratus tulisan dalam bebera genre. Pada penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) disepakati setiap pengelola TBM/Komunitas aktif menuliskan kegiatan dan pengalaman mereka dalam ragam tulisan, berusaha meningkatkan layanan, dan terus menjalin kerjasama dengan para pihak. Disepakati pula akan dilangsungkan Piknik Literasi pada 18-19 Januari 2019 di Sawahku.

Piknik Literasi lebih besifat perayaan atas usaha melaksanakan RTL pelaksanaan kemah. Piknik terbuka untuk umum dengan cara mendaftar secara daring (dalam jaringan).

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*