Merayakan HLHS 2021 di Delta Harapan

RHD.  Tanggal 05 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS), dicanangkan PBB untuk menggugah kesadaran kita semua agar berperan aktif menjaga lingkungan dan menciptakan ekosistem hijau dan lestari.

RHD. Bersama Kelas Komunitas Rumah Hijau Denassa (RHD) Di Pembenihan Bakau Delta Harapan

RHD. Bersama Kelas Komunitas Rumah Hijau Denassa (RHD) Di Pembenihan Bakau Delta Harapan

Hari ini (05/06/2021) kami rayakan mulai dengan aktifitas pagi menanam beberapa jenis di RHD. Kami lanjutkan dengan menjelajah ke Takalar, tepatnya di Delta Harapan, Kelurahan Takalar Lama, Kecamatan Pattallassang. Lokasinya tidak jauh dari eks Pantai Pokko, yang puluhan tahun lalu telah hilang karena abrasi.
Kami bawa Syzigium dari RHD dan tanam di lokasi, kemudian kami menanam Bakau (Rhizophora spp.) beberapa batang. Setelah itu saya melakukan pengamatan area, menemukan beberapa jenis tumbuhan perintis seperti Nyemplung (Calophyllum inophyllum), Ketapang (Terminalia catappa), dan jenis bakau sejati dan ikutan. Terdapat pula sampah non organik yang masih berserakan di area,  botol sisa budidaya rumput laut dan sampah yang berasal dari sungai, pantai, dan laut.
Delta ini  dapat membawa harapan untuk mengembalikan bentang alam yang hilang di area ini karena abrasi. “Environment Restoration” akan tercapai disini jika semua pihak bersinergi mendukung gerakan lingkungan yang dilakukan lembaga, kelompok warga, dan masyarakat yang sudah bergerak disana.
Hari dapat menjadi momentum untuk berperan memperbaiki kondisi lingkungan hidup disekitar kita, dengan aksi sederhana mengurangi penggunaan plastik, membuang sampah di tempatnya, menanam pohon, jangan menyekap satwa, tidak membeli kayu yang berasal dari pembalakan, dan ajak anak-anak kita lebih dekat dengan alam sejak dini■

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*