Belajar Tapak dan Ruang Luar Rumah

RHD.  Satu kelompok  mahasiswa Jurusan Arcitektur Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, berkunjung ke Rumah Hijau Denassa (RHD)  pada Ahad, 11 Mei 2014. Kunjungan  ini dalam rangka proses belajar Mata Kuliah Rancangan Tapak dan Ruang Luar yang dibimbin Annisa Amalia.  Mata kuliah ini tidak spesifik memperlajari ruang dalam tetapi  ruang luar saja. Tujuan kunjungan peserta MK ingin mempelajari rancangan konsep RHD sebagai Kawasan  konservasi, edukasi, dan harmoni. Mereka ingin  melihat bagaimana rancangan gambar, tampak kawasan, detail bangunan.

RHD. Kunjungan belajar peserta Mata Kuliah Rancangan Tapak dan Ruang  mahasiswa Jurusan Arcitektur  UIN Alauddin Makassar ke RHD  (11/05/2014).

RHD. Kunjungan belajar peserta Mata Kuliah Rancangan Tapak dan Ruang mahasiswa Jurusan Arcitektur UIN Alauddin Makassar ke RHD (11/05/2014).

Peserta MK ini diterima Darmawan Denassa yang menjelaskan orientasi, view, filosofi, konsep  bangunan  di RHD.  Konsep pembangunan rumah utama di RHD  dibangun dengan jarak 30-an meter dari jalan raya untuk  meningkatkan keamanan rumah dan penghuni, meminimalisir dampak  kebisingan pengguna jalan raya, serta pembentukan halaman lebih luas.  Dijelaskan pula view insite dan outsite, lanskape,  jenis-jenis tanaman, letak tanaman, faslitas dan fungsinya, serta kegiatan yang dilaksanakan.

Darmawan Denassa bersama peserta mata kuliah Rancangan Tapak dan Ruang Luar  Arcitektur  UIN Alauddin (11/05/2014).

Darmawan Denassa bersama peserta mata kuliah Rancangan Tapak dan Ruang Luar Arcitektur UIN Alauddin (11/05/2014).

Sedangkan Tata Massa bangunan yang terdiri atas ruang privasi, ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan  di RHD dibentuk dalam konsep kekeluargaan dan terbuka untuk mendukung misi tempat belajar bersama.  Selain ke RHD kelompok lain juga belajar di Taman Macan Makassar dan Wisata Kebun di Gowa (*)

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*