Camping, Menjelajah Sawah, hingga Sungai

RHD. Kelas Komunitas  Jelah Sawah di Timur Borongtala, Ahad, 30 Maret 2014 (Foto: Darmawan Denassa)

RHD. Kelas Komunitas Jelah Sawah di Timur Borongtala, Ahad, 30 Maret 2014 (Foto: Darmawan Denassa)

RHD. Sabtu (29/03/2014) Kelas Komunitas melaksanakan Camping. Sebelas peserta terlibat dalam kegiatan yang dipandu Hadi Kasmajaya. Malam hari berlangsung beberapa kegiatan, diawali dengan perkenalan, makan malam bersama, ibadah bersama, lalu aksi memadamkan lampu sekitar satu jam.

RHD. Kelas Komunitas  Camping (29/03/2014)  mereka Ikut Padamkan Lampu lebih Satu Jam dalam Kegiatan Ini.

RHD. Kelas Komunitas Camping (29/03/2014) mereka Ikut Padamkan Lampu lebih Satu Jam dalam Kegiatan Ini.

Dalam aksi gelap-gelapan di Pelataran Mappasomba ini Sakti, nama akrab Hadi membuat para peserta menangis. Itu karena peserta mendapat materi penyadaran agar lebih menurut pada orang tua. Pukul 22 wita para peserta dipersilahkan istirahat. Seperti biasa mereka tidak benar-benar istirahat. Melewatkan malam bersama beberapa anak seusia menjadi saat seru berbincang di malam hari. Hingga mereka benar-benar terlelap setelah lewat tengah malam, sekitar pukul 00.30 wita.

Pagi hari tiba, kegiatan dimulai dengan bersih-bersih, makan pagi, lalu menuju persawahan di bagian Timur Borongtala. Tujuan utama menemukan tanah lita untuk membuat bola dari tanah persiapan Mei untuk bermain bola api. Musim panen gadu masih berlangsung, beberapa sawah masih dipanen warga. Beberapa hewan masih banyak ditemukan seperti aneka belalang, capung, laba-laba, walang sangit, dll. Seperti biasa semua yang ditemui dalam setiap perjalanan menjadi sumber ajar. Seekor kerbau tidak luput dari ekspolrasi peserta karena ingin tahu bagaimana rasanya manarik tali kerbau.

RHD. Kelas Komunitas Rumah Hijau Denassa (RHD) Belajar di Sawah Memperhatikan Sarang Laba-laba yang bermanfaat Menjaga Ekosisitem di Sawah (30/04/2014)

RHD. Kelas Komunitas Rumah Hijau Denassa (RHD) Belajar di Sawah Memperhatikan Sarang Laba-laba yang bermanfaat Menjaga Ekosisitem di Sawah (30/04/2014)

Akhir perjalanan jelah tiba di sungai, mengambil tanah liat lalu kembali ke Rumah Hijau Denassa (RHD). Perjalanan pulang terasa lebih lama karena semua bawa tanah, tapi tentu selalu seru. Tiba di RHD semua kembali sibuk membuat aneka produk dari tanah liat sampai menjelang siang kegiatan akhir pekan pun selesai. (*)

 

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*