Mahasiswa Unismuh Praktik MK Pendidikan Orang Dewasa di RHD

RHD.  Mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian Uninersitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengunjungi Rumah Hijau Denassa (RHD) Rabu, 30 Desember 2014. Mereka melaksanakan Praktik Lapangan mata kuliah Pendidikan Orang Dewasa  berupa penyuluhan Penggunaan Pupuk Organik.  Sekitar 40 orang peserta MK mengikuti kegiatan ini, bersama pendamping MK Hamdan. Diawali dengan berkumpul di RHD, peserta kemudian mendapat penjelasan latar belakang, fasilitas, kegiatan, dan beberapa informasi lain tentang RHD oleh Darmawan Denassa.

Mahasiswa Prodi Agribisnis Fak. Pertanian Unismuh Makassar di RHD (30/12/2014)

Mahasiswa Prodi Agribisnis Fak. Pertanian Unismuh Makassar di RHD (30/12/2014)

Sebelumnya (7/6/2014) 120-an mahasiswa Unismuh  prodi yang sama dengan tingkat yang berbeda juga mendatangi RHD  sebagai kunjungan lapangan beberapa mata kuliah untuk mengetahui usaha tani yang dilaksanakan warga.

Peserta kunjungan kali ini, kemudian diajak menemui mitra RHD  di Masjid Nurul Atita di Salekowa, desa Kale Barembeng, kecamatan Bontonompo, Gowa. Perjalanan ke lokasi ditempuh dalam waktu  sekitar 15 menit,  mereka dipertemukan warga yang sebagian besar berkerja sebagai petani padi dan palawija. Praktik menyuluh dilaksanakan di masjid ini, berlangsung sekitar 140 menit.

Sebanyak tiga kelompok mempresentasikan makalah mereka di depan warga dan peserta MK lainnya. Mereka memaparkan cara pembuatan pupuk organik, takaran penggunakan, hingga manfaat penggunaan pupuk. Beberapa warga terlibat interaksi dengan mereka dalam sesi diskusi.
Setelah tanggapan balik dari mahasiswa, seluruh peserta dan hadirin yang ada dalam masjid dibagi dalam beberapa kelompok untuk menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL). (*)

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*