Tanaman Anti Petir

RHD. Setelah ditangkarkan selama tujuh bulan, Rumah Hijau Denassa (RHD) menanam pohon Langgoting (Makassar). Langgoting bagi orang Makassar dikenal sebagai  pohon penangkal petir. “Sejak lama jika sedang berada di luar rumah, di tempat terbuka, atau dalam perjalanan ketika terjadi petir  baik disertai hujan atau tidak, orang Makassar lazimnya akan mencari pohon Langgoting,  lalu  memetik selembar daunnya kemudian diselipkan di caping, songkok, atau pada penutup kepala. Langkah ini diyakini dapat menangkal petir” Darmawan Denassa, pendiri RHD.

Darmawan Denassa, menanam Langgoting di RHD.
Foto: Syamsu Rijal.


Sayang di  dataran rendah di Gowa pohon ini sudah sangat jarang bisa ditemui. Bahkan sudah sedikit warga yang tahu tentang tanaman ini. Beberapa pengunjung RHD diperkenalkan dengan tanaman ini, umumnya mereka tidak tahu jika ada tanaman bernama Langgoting dan bisa menangkal petir.

Selain  berfungsi sebagai penangkal petir  daun pohon Langgoting juga dimanfaatkan sebagai obat cacar.

Karena mulai masuk musim hujan dan sering diiringi petir, pada bulan  November 2012 lalu RHD menanam dua batang Langgoting dari tiga koleksi yang ditangkarkan.
Ketika itu  beberapa tanaman lain juga ditanam  seperti Kayu Manis, Sawo Belanda,  Jabon Merah dan putih, Okra, Karet, Kolasa, dan lain-lain. (*)

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*