Lobe-Lobe

RHD. Lobe-Lobe (Makassar) atau Lobi-Lobi (Indonesia) dalam bahasa latin di kenal sebagai flacourtia enermis salah satu tanaman buah yang lazimnya hanya tumbuh secara liar tanpa dibudidayakan. Pohonnya berbentuk batang secara umum pada bagian batang hingga dahan muncul duri-duri tajam.

Buah Lobe-Lobe di Rumah Hijau Denassa (RHD).
Foto: Darmawan Denassa (2011)

Buahnya berbentuk bulat, berwarna merah tua disaat ranum. Dengan rasa manis asam. Biasanya buahnya yang keras akan terasa asam dan rasa manis akan mucul setelah buahnya dipijit hingga menjadi lebih lembek.
Buahnya yang masih muda bisa dimanfaatkan sebagai obat diare. Rasanya yang sepak dipercaya bisa mengeraskan tinja (feses).

Buah Lobe-Lobe biasanya diperoleh dengan dipanjat atau dibuat penjolok dari tangkai bambu yang buat terbuka dengan ujung bambu yang tetap tersambung. Bagian terbuka ini menjadi tempat tersangkutnya buah Lobe-lobe.

Lobe-Lobe salah satu koleksi di Rumah Hijau Denassa (RHD) yang tumbuh secara alami dan sudah ada sebelum RHD dibangun. Pada tahun 2008-2011 tanaman ini dikembangkan dengan biji untuk menambah koleksi dan dibagikan ke warga. (Darmawan Denassa)

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*