Mengungkap Rahasia Kaki Seribu Hitam

RHD. Millipede merupakan nama lain dari Kaki Seribu dalam bahasa Makassar bernama Kalumeme. Kaki Seribu memilki jenis (ukuran dan warna berbeda) dimana masing-masing memiliki nama latin. Jenis hitam besar bernama latin Archispirostreptus sp, species ini yang banyak terdapat di Rumah Hijau Denassa (RHD) sepajang musim hujan 2020-2021.

Kami mengembalikan jenis ini tahun 2014 silam sebanyak 15 ekor dan melepasnya di area konservasi utara, awalnya dikira tidak hidup karena sepanjang 2016-awal 2017 tidak ditemukan lagi. Pada tahun 2017 akhir, di musim hujan ditemukan beberapa ekor. Populasi terbesar ditemukan tahun 2020-2021 ini. Dengan populasi yang besar, kami memukan fakta dari kehidupan mereka.

Aktif pada Musim Hujan

Dimusim basah, menjadi waktu-waktu mereka berkeliaran, bahkan beberapa kali kami termukan mereka masuk dalam rumah. melintas di teras dan menjadi objek pengamatan anak-anak.

Senang berada di bawah tumpukan daun basah

Daun bambu, ketapang, dan mangga yang kami tumpuk untuk proses pelapukan seringkali kami temukan beberapa indiividu. Daun bambu yang bertumpuk disela-sela rumpun mejadi salah satu tempat kesukaannya. Tumpukan dau berbagai jenis seperti Bitti, Trembesi, dan lainnya juga kami temukan.

Berhibernasi

Awal Mei ini kami termukan fakta baru bagi kami, jenis ini ternyata bukan menghilang khususnya pada musim kemarau tapi beristirahat dibawah tanah, diruang kosong dibawa bebatuan, atau mereka mencari dan bisa jadi membuat rongga di tanah■ Darmawan Denassa

RHD. Kaki Seribu Hitam (Archispirostreptus sp)

RHD. Kaki Seribu Hitam (Archispirostreptus sp) sedang Beristirahat di Area Konservasi Utara Rumah Hijau Denassa (RHD)

 

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*