Sewatama Bersama Kelas Komunitas di Pelataran

RHD.  Empat orang tamu dari perusahaan energi Sumberdaya Sewatama  berkunjung ke Rumah Hijau Denassa (RHD) Senin, 13 April 2014.  Disambut pendiri RHD, Darmawan Denassa dan Hasmadani Ahmad salah seorang relawan yang juga  mendampingi kunjungan peserta Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) 2015 pekan sebelumnya.

RHD. Kelas Komunitas RHD bersama tamu dari Sewatama, 13 April 2015 (Foto: Fadil Denassa)

RHD. Kelas Komunitas RHD bersama tamu dari Sewatama, 13 April 2015 (Foto: Fadil Denassa)

Pertemuan awal berlangsung di Bimbi  Room, di ruang yang dindingnya terbuat dari bambu, rumbiah, dan limbah kayu ini, Denassa mengisahkan latar belakang serta usaha yang laksanakan RHD sejak delapan tahun silam.  Interaksi kemudian  dilanjutkan dengan melaksanakan kunjungan ke area konservasi bersama peserta didik Kelas Komunitas RHD. Pada bagian timur Pelataran Mappasomba, M. Noorwahyu Amintuti dan Tri Purnomo oleh Denassa diperkenalkan pohon Sappang (Caesalpinia sappan), dan beberapa tumbuhan lain di konservasi utara.

Setelah selesai di Area percontohan tanaman investasi keluarga yang masih di bagian utara, tamu kemudian diajak mengunjungi pelataran Karannuang. Disekitar area selatan ini  terdapat Lumbung Benih, English Forest School, dan beberapa area konservasi.

Sewatama merupakan perusahaan swasta penyedia energi, “perusahaan kami  mengusahakan energi berkelanjutan” kata Tri Purnomo.  Dari komitmen itu, salah satu yang diharapkan terlaksana  yakni pelestarian sumber daya air dan keberlangsungan ekosistem. Usaha ini sejalan dengan ikhtiar yang laksanakan RHD, yakni menyelamatkan plasma nutfah dan pelibatan pihak lebih luas untuk menjaga kelestarian lingkungan. Pelibatan itu diharapkan akan berdampak positif pada keberlanjutan hidup seluruh flora dan fauna sehingga bisa terus hidup dan berkembang, agar menjadi bagian dari generasi yang akan datang.  Ini merupakan kekuatan dari ikhtiar pendirian, menjaga,  dan menjaga keberlanjutan RHD  yang dijaga dan patuhi Denassa serta pengunjung yang datang sebagai landasan utama membangun mimpi dan mengembangkan kawasan konservasi dan tempat belajar bersama ini.

Kunjung ini  merupakan bagian dari komunikasi kedua belah pihak untuk mendorong sinergi lebih banyak pihak terlibat dan mengambil peran aktif dalam kelestarian sumber daya untuk masa depan yang lebih baik. (*)

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*